Koperasi Dosen dan Karyawan Matahari UHAMKA Menyuplai Bahan Kebutuhan Pokok

By | April 7, 2020
Virus Covid 19 yang sangat menakutkan dan mengacam hidup manusia yang terjadi di berbagai negara di belahan dunia, bahkan sampai ke Indonesia sekarang ini membuat semua orang peduli dan bergerak tidak terkecuali secara individu, tetapi melalui institusi mulai dari level terendah sampai tertinggi turut serta melakukan aksi-aksi nyata dalam upaya  untuk mencegah penyebaran virus covid 19. Upaya-upaya yang tetap dilakukan sesuai himbauan Kementerian Kesehatan adalah kita harus membiasakan diri mulai dari mencuci tangan dengan sabun, tetap tinggal di rumah, berpergian menggunakan maskar sampai kepada “social distanching”. Kita juga dapat saksikan banyak warga memasang “Gapura Disinspektan” di lingkungan Rukun Warga Perumahan termasuk tempat-tempat ibadah dalam upaya mencegah penyebaran virus covid 19.
Virus covid 19  yang telah banyak menelan korban jiwa manusia diberbagai negara membuat orang merasa cemas dan khawatir terhadap keselematan jiwa mereka terhadap ancaman virus covid 19 ini. Penularan virus covid 19 sangat cepat, karena itu perlu diupayakan penyecagahannya secara nyata dan menyeluruh di setiap tingkatan masyarakat agar dapat memutus mata rantai penyebarannya demi menyelematkan jiwa manusia.
Korban jiwa manusia akibat virus covid 19 yang terjadi di Indonesia sampai saat ini 1790 kasus 170 orang meninggal dan 112 orang dinyatakan sembuh (sumber : kementerian Kesehatan RI, 2/04/2020). Kondisi ini menjadi keperihatinan kita bersama. Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA sebagai bagian dari Persarikatan Muhammadiyah turut serta mendukung upaya pemerintah dalam memutus rantai penyebaran virus covid 19, yaitu melalui Edaran Rektor Prof. Dr. Gunawan Suryoputro, M.Hum., Nomor 814/F.03.01/2020 tanggal 31 Maret 2020, dengan menginstruksikan kepada civitas akademik untuk tetap “stay and work from home” dalam melaksanakan aktivitas akademik sampai dengan tanggal 19 April 2020.
Dosen dan karyawan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA yang tidak dapat keluar rumah karena untuk menghindari penyebaran virus covid 19, tentu sulit untuk mendapatkan barang kebutuhan pokok mereka, maka untuk Koperasi Dosen dan Karyawan Matahari Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA ikut aksi nyata dengan melakukan pengantaran bahan kebutuhan pokok bagi dosen dan karyawan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA ke rumah mereka masing-masing yang berada di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Penyediaan dan pengantaran bahan kebutuhkan pokok dosen dan karyawan UHAMKA dimulai tanggal 3 April 2020. Usaha ini ikut mendorong kenyamanan dan ketenagan dosen dan karyawan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA untuk tetap melaksanakan aktivitas akademiknya menurut kapasitas mereka masing-masing. Mereka tidak dipusingkan dengan pengadaan barang kebutuhan pokok. Dosen sebagai tenaga pengajar,  tetap melakasanakan tugas mengajarnya dengan menggunakan pengajaran secara daring, begitu juga karyawan sebagai tenaga administrasi tetap melaksanakan akativitas mereka dalam melayani keperluan sivitas akademika Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
Gagasan penyediaan dan pengantaran bahan kebutuhan pokok dosen dan karyawan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA ini adalah diputuskan  dalam rapat pengurus Koperasi Matahari Dosen dan Karyawan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA yang dipimpin oleh Dr. Sunarto, MM., Ketua Koperasi Matahari UHAMKA tanggal 28 Maret 2020. Rapat menggunakan Zoom Meeting yang diikuti oleh Dr. Sjaiful Rohim, M.Si. Skretaris, Drs. Daniel Fernandez, M.Si., Pengawas,  Ahmad Subaki, MM, M,Ak, Bendahara, dan Dr. Safrul Kodri, M.Pd., Ketua Bidang Usaha Koperasi Dosen dan Karyawan Matahari UHAMKA. Kegiatan penyediaan dan pengantaran bahasan kebutuhkan pokok ini disambut baik oleh Wakil Ketor II UHAMKA, Dr. Zamah Sari, M.Ag., menurut beliau kegiatan ini akan dilakukan selama penangan Pandemi Virus Covid 19. (Safrul Kodri, Dosen PGSD FKIP UHAMKA).